Kingkong Kesurupan

09.02.06

Tiitiit …Tiitiit … suara di ponsel gw berbunyi kenceng. Dan gw terbangun mendengarnya. Padahal lagi enak-enak ngimpiin cewek, lagi pengen nembak gitu … dorr … tapi ugh gw terbangun juga setelah menggeliat-geliat kek tanah liat di ulen-ulen dijadiin tembikar. Gw melompat muter-muter salto kek pendekar pedang dan setelah mendarat dengan sempurna di tanah (yang ini adegan boonk) gw ambil ponsel gw. Ternyata ada telpon dari someone nie…mudah-mudahan dari penerbit. Asik gw ditelpon penerbit, naskah gw mau diterbitin, batin gw. Dengan hati yang deg-degan gw angkat ponsel gw.
Gw: haloooo….
Si penelpon: Noel, nanti kamu jaga shift kedua yach? *suaranya ceria*
Gw: neh sapa yaa …. *padahal asli gw udah tau sapa si penelpon, gw boonk aja biarin dia nelponnya lama, supaya biaya pulsanya membengkak. Ekstreem Mind*
Si penelpon: ini ynel ceria…
Gw: O … (bulet) … yo bisa, bisa…
Si penelpon: Oks… dateng jam ½ sembilan yaa…bye
Kliks telpon diputus.
Sial gw kirain penerbit, taunya si bos….hehehe, sekarang gw kan kerja di conter pulsa. Yeach buat cari sesuap nasi dan segenggam permata tentunya.
So wis gw bersiap diri_sekarang jam 07.40 (jadwal bangun tidur banget), setelah sebelomnya gw nyuci piring (hah!? Cowok nyuci piring) nggak papa, daripada piring nyuci cowok….Lho!?
Yup dalam hitungan menit dan beberapa detik, gw berhasil merubah penampilan gw, dari the kill bin kucel binti kumel ke cowok ganteng nan kece dunk tentunya, yang dikagumi seluruh dunia. Hoek soorr….muntah.
ILUSTRASI 3
Gw siap ke konter...zenk...zenk...zenk (suara baksonnya). Gw stater entu motor atawa dalam kamus gaulnya diengkol ... brem-brem. Lalu melajulah gw diatas motor, beserta motornya tentunya, melesat dengan tenang. Moga-moga aja selamet ampe tujuan. Amien!!!!
Nggak lama kemudian gw udah nyampe di konter. Oya perlu diketahui yaa, konter gw terletak di kawasan elite girlan sekitaran kampus biru gw, yang kalo panas kepanasan kalo ujan keujanan hueeeeeeheheh.... dan si bos, Leny, udah nungguin sambil senyum-senyum liat ke gw. Jadi GR neh! Batin gw. Hal ini membuat gw salting giut eh gitu. Eeh, nggak tahunya, setelah si bos no.2 nunjuk-nunjuk ke gw, seolah berkata: itu lho! Itu lho! Gw langsung bingung celingukan, nyari-nyari apa yang salah dengan diri gw. Dan ternyata ...oow... ritseliting celana gw belum tertutup rapat, sehingga membuat uler (baca: anuku) ndlewer-ndlewer tak keruan kemana-mana. Pantes aja silir. Untung aja kolor gw baru sehingga si uler nggak jadi ndlewer-ndlewer.
Kemudian shift pergantian pun dimulailah. Gw sekarang gantian yang jaga. Sebelon pergi si bos no.2 pinjem motor gw, dan dengan segera cabut entah kemana, meninggalkan diriku tanpa pesan. Tanpa kesan.....hiks.hiks.hiks. sedih. Tapi nggak lama, karena gw sibuk ngurusin konter gw yang udah diantriin pelanggan sebanyak sepuluh ribu orang (nol-nya diilangin semua)....hihihi....dan gw dengan kecepatan kilat secepat the Flash disk (itu lho jagoan amrik yang cepet abis) gw ngisiin pulsa-pulsa pelanggan yang manis. Gulali kali. Setelah semua ntu urusan selese, gw masukin duitnya, eh disana gw menemukan duit antik yang udah lama banget plus jarang gw liat. DUIT GOPEKAN kertas. Iiih norak yaa!? So gw segera nukerin neh duit dengan duit seribuan. Asik gw dapet gopekan. Kek anak kecil gituh, ampe-ampe orang-orang yang lalu lalang mengira gw orang sableng dari PAKEM (=Grogol kalo di JKT). Ngerasa diliatin dengan mimik aneh sama orang-orang gw jadi kalem lagi, mereka segera bubar. Ngapain ngeliatin anak edan, begitu kali pikir mereka.
Btw, ngomong-ngomong soal duit gopekan, sebenernya yang bikin gw tertarik itu adalah gambar yang ada disitu, kek mak loe (hush...). gambar itu adalah gambar orang utan lagi nangkring di habitatnya berwarna coklat. Hmm....gambar itu kemudian mengingatkan gw pada dua buah pertanyaan yang udah pada pengen muncrat keluar dari otak gw:
Pertanyaan kesatu. Kenapa gambar orang utan ada di duit gopekan? Jawabannya sih, ini katanya orang-orang lho, orang utan kan udah langka, nah diabadiin di duit deh. So, ngingetin kita bahwa kita adalah satu famili....eh...satu famili apa satu genre yaa? Ah, sebodo deh, terus karena udah pengen punah, maka disama-samain deh ama gambar yang ada di duit-duit laennya..
Pertanyaan kedua. Lama-lama kek kuis aja neh.... Apa hubungannya orang kesurupan dengan duit gopekan? Ada duonk. Neh ceritanya, tadi pagi kan ada satu orang cewek, terus diangkat pake tandu sama delapan orang. Terusnya lagi delapan orang yang mengangkat tu satu orang pake tandu melangkah dengan tergesa-gesa ke arah UPK. Apa itu UPK? Unit Pelaksana Kesehatan yang bertempat di campus biru gw. Ooo... gitu to. Buset, kok satu orang diangkat delapan orang? Begitu pikir gw. Ternyata yang diangkat adalah seorang cewek dengan porsi badan yang nauzubilahe .... mirip-mirip orang utan. Dan ternyatanya lagi dia sedang kesurupan. Waduh? Nah, ini dia kan....ada hubungannya kan. Udah gw bilangin.
Karena udah terlanjur gw, sekalian gw ceritain ampe baiss yaa....
Pas diangkut ama tandu menuju UPK si cewek orang utan (keknya nyebutnya lebih enak kingkong deh, yo wis selanjutnya kata orang utan diganti ama kingkong aja yaa...) ini tereak-tereak nggak jelas gitu. Paling dia kesurupan setan kingkong yaa...hihihi. Lalu orang-orang yang membawa tu cewek masuk dengan cepat. Ke dalam UPK. Apa itu selese? Nggak ternyata dalam beberapa menit kemudian si cewek kingkong keluar sendirian. Terus misuh-misuh ngamuk sama orang-orang yang lewat dan pada ngeliatin dia. Dan yang nandu ntu si cewek kingkong juga ikutan pada keluar ruangan dan bergegas ngejagain si cewek dengan gegap gempita hati yang was-was. Takut yaa? Takut pada dilempar ama si cewek kingkong. So, jadi teringat sama pilem Kingkong yang legendaris klasik itu, tapi versi nyatanya. Selanjutnya seseorang berusaha menangkap tangan si cewek, namun alhasil yang didapatnya malah itu orang tangannya dipegang ama si cewek dan orang itu diputer-puterin. Gileee, super kuat.
Whoaah...whoaah...whoaah... dia tereak-tereak lagi. Sampe pada akhirnya ada seseorang yang berhasil menaklukkan si cewek kingkong dengan kekuatan supranaturalnya. Ternyata orang itu tak lain dan tak bukan adalah pacarnya si kingkong. huh, si kingkong melihat orang itu dengan hati romantis abis. Lalu tak berapa lama kemudian dia takluk di hadapan pacarnya yang sama kingkongnya juga (lho!?). dan sebagai titik darah penghabisan si cewek kingkong digiring ke habitat aslinya, kuburan (RIP_Rest In Peace) jalan kaki. Paling mo ngebuang setan yang nyurupin tu cewek. Yah, abis deh cerita si cewek kingkong itu.....
Ilustrasi 4
Dan berakhirlah cerita tentang si orang utan, eh orang kota kesurupan...

Pesan: kesurupan, berasal dari kata surup; yang berarti malam menjelang maghrib, kebalik denk, maghrib menjelang malam. Berarti, kesurupan = kemaleman. Contoh, Nia kesurupan pulang ke rumah, nah artinya kan kemaleman. So, jangan pulang pas surup-surup nanti kesurupan lho. Tul nggak sih?

(diambil dari kamus gendeng bikinan gw, hal: 108-110)

Kali ini yang mampir ke konter tempat gw kerja adalah si Cardombret...bret...bret....bret....si pengamen...hush....abis kerjaannya kemana-mana bawa gitar mulu. Dia anak seni musik angkatan 2005. dia pengen ngorbol-ngorbol abot pulsa, dia kan juga mo buka konter pulsa di seputaran kantin FIS (fakultas ilmu sejarah, pengklaiman secara sepihak).
Dia tanya.
Gw jawab.
Dia tanya lagi.
Gw jawab lagi.
Gitu terus ampe mulut-mulut kita berdua berbusa. Ayan!!! Nggak ada minuman, abis yang mo tanya-tanya keterangan juga nggak ngasih gula-teh alias es teh. Soale maklum aja, gw (ssst ini rahasia) lagi nggak cekak doku, jadi harus lebih ngirit-ngirit makenya. Wis, jam 2 minus 15 menit tet, akhirnya semuanya selese tanpa terasi, eh terasa... cepet banget. Soale ada temennye.
Yup abis itu gw balikin buku + catetan-catetan laennya. Semua gw balikin, lagian konter kan udah tutup. Bukanya cuma ampe jam 2-an siang. Maklum konter ini konter cepecial kantong mahasiswa.
Gw caut tancap gas! Ah, lega udah sampe rumah. Namun ketika gw buka-buka dompet gw.Waks! STNK gw kok ilang? Gw terbirit-birit nyariinnya.

Cerita sisipan: akhirnya penerbit ngubungin gw via mms (pake kata mms, biar kata kerenan dikit, padahal cuma di sms-in), katanya, naskah gw ditolak belom sesuai selera mereka (emangnya bakso!?). Duh, kepiye iki?

0 Response to "Kingkong Kesurupan"

Posting Komentar