GEMPA YOGYA


I
Gempa melanda Yogya + Sekitarnya...
kronologis:
j. 5.50 Wib (masi tidur, tp bawah sadar dah bangun). Bokap tereak". Gw bangun, bumi gonjang-ganjing. Rumah dah ikutan goyang. Gw segera sadar, meski jiwa gw lom sepenuhna kembali (salut sama pencipta otak, dimana kecepatanna gak bisa ditandingi komputer manapun) dan langsung lari. Berdiri di depan pintu. Bengong. Orang" sekitar dah pada tereak". Biasana gempa udah brenti (kek kejadian di taon 2001 dulu). Tapi ditunggu" gak. Agak panik, gw keluar rumah. Ada adek gw juga. Kita berpelukan (asli dalam kondisi normal agak sulit kita melakukanna). Truz gempa pun selesai.

Dan hasilna:
1. Tembok timur rumah mbah gw roboh. Beberapa rumah laen mengalami hal serupa.
2. Rumah mbah Darto (tetua suku) ketiban bata di bagian dapur.
3. Rumah sebelah Hotel Quality ambruk. Menewaskan 2 org, ce-co.
4. Satu org dr Bali (kebetulan nginep di Hotel Jayakarta) tewas. Krn brasil loncat dr lantai 2, tetapi sayangna ketiban
tembok yang ambrol.
5. Jembatan Gandekan jl. solo retak.

Adegan pertama selesai...j 7.30
Semua agak terkendali sekarang. Gw setel radio, cari informasi.

II
Terjadi sekitar j 8.00
Ada isu, entah darimana, menyebutkan bahwa TSUNAMI datang. Gw ke depan (ke jalan Solo). Disana dah berbondong" org lari dari arah barat menuju ke timur. Gw yang saat itu bersama temen, namana Irfan, segera cabut tanpa berpikir panjang lagi. Lari ngungsi juga ke arah timur. Gw bingung, sempet mikir juga itu cuma isu. Dan masa sih, Tsunami bisa dateng dari arah barat? Padahal letak laut kan di arah selatan? Udah gitu kita semua larina ke arah timur lagi. Kan geblek banget? But gw tetep aja lari. Disana keadaanna udah gak kalap, semua orang pengen nyelamatin diri masing". Gw sempet liat orang yang ketakutan setengah mati, nangis, panik luar biasa. Kekna takut mati, mungkin banyak dosa yah? Gw juga takut sih...
Dan gak berapa lama kemudian ada mobil bak terbuka, truz gw semua, yang sempet dan bisa, naek mobil itu, dan dg segera tancep gas secepat"na. Hingga akhirna kita berada di KLATEN. Stlh sampe disana, kita brenti dan akhirna tau kalo Tsunami semua cuma isapan jempol belaka. Kita balik ke rumah masing" dah.
Sekembalina gw ke rumah, gw cuma diketawain org" rumah. But semua masih tegang".

NB: Klo lagi panik kita semua pasti gak bisa mikir ya...Yogya dulu juga pernah dapet isu mo ada Tsunami...makana pak Sri Sultan pernah nyuruh kita utk bikin sayur lodeh 7 rupa...dan nyatana Tsunamina? Gak ada ...itu bener" isu....Dan gw pernah bilang juga, waktu itu...kalo gw gak bakalan kemakan gosip murahan kek gitu deh...eh njilalahe semua terjadi dan 'clink' omongan gw tadi semua lenyap...nyatana gw tetep ngacirrrrrr....

0 Response to "GEMPA YOGYA"

Posting Komentar