EMPAT JALAN MENGHADAPI KESULITAN

Bagi teman-teman yang sedang mengalami kesulitan, jangan khawatir. Berikut saya publikasikan artikel tentang empat cara mengatasi kesulitan. Berikut empat langkah menghadapi kesulitan itu:

1. Tuliskan semua kecemasan Anda. Tuliskan definisi dari masalah-masalah Anda. Pastikan itu masalah tunggal. Jika lebih dari satu masalah, tuliskan definisi jelas dari semua masalah yang bersama-sama membentuk apa yang Anda cemaskan pada saat ini.

2. Tetapkan apa kemungkinan hasil yang terburuk, Tanya, apa kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada situasi ini? Coba terus terang dan jujur dengan diri sendiri. Anda mungkin kehilangan uang, atau hubungan atau customer, atau seseorang atau sesuatu yang lainnya, yang benar-benar penting untuk Anda. Jika segala sesuatu gagal, apa kemungkinans terburuk yang dapat terjadi?

3. Usahakan untuk menerima yang terburuk jika terjadi. Sesudah merumuskan kemungkinan terburuk, Anda bisa melakukan latihan mental untuk menerima apa yang akan terjadi, apa pun yang Anda lakukan. Yang istimewa adalah, ketika Anda berhenti menolak kemungkinan terburuk, Anda akan rileks, pikiran Anda akan jernih, dan kemampuan Anda untuk mengatasi situasi akan meningkat secara dramatic.

4. Segera mulai memperbaiki yang terburuk, yang sudah Anda terima akan terjadi. Kerahkan seluruh sumber daya mental ke dalam perang untuk meminimalisir masalah atau menyelesaikan kesulitan. Konsentrasi pada masa depan. Jangan mencemaskan apa yang terjadi, mengapa terjadi dan siapa yang bertanggung jawab. Pikirkan hanya pertanyaan, Apa yang harus lakukan sekarang? Bagai Apa langkah kedua? Langkah ketiga? Dan seterusnya…

:: Aura, Edisi 36/Th. XIII/Minggu ke-5/September 2009 ::

0 Response to "EMPAT JALAN MENGHADAPI KESULITAN"

Posting Komentar